Pendaftaran – Biaya Kuliah UTU Universitas Teuku Umar 2018/2019

Pendaftaran – Biaya Kuliah UTU Universitas Teuku Umar – Provinsi Aceh memiliki banyak universitas negeri, termasuk salah satunya adalah Universitas Teuku Umar. Universitas Teuku Umar adalah sebuah universitas negeri yang bermula dari universitas swasta. Sebelum menerapkan sistem universitas negeri, Universitas Teuku Umar tentu memiliki sistem tersendiri yang sudah diterapkan, termasuk di dalamnya adalah sistem penerimaan mahasiswa baru dan juga sistem pembayaran biaya kuliah UTU. Dahulu, sebelum menerapkan sistem pembayaran UKT, Universitas Teuku Umar masih menerapkan sistem pembayaran SPP. Sistem pembayaran ini mulai berlaku sejak perubahan status UTU menjadi universitas negeri pada tahun 2013.

Sebelumnya, UTU adalah universitas swasta yang berdiri di bawah naungan Yayasan Pendidikan Tengku Dirundeng Meulaboh. Dikatakan bahwa Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP) adalah cikal bakal berdirinya Universitas Teuku Umar. Selanjutnya, pada tanggal 31 Desember 2009, Dirjend Dikti mengeluarkan surat keputusan tentang izin operasional perubahan dari Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian menjadi Universitas Teuku Umar. Pada tahun yang sama, Yayasan pendidikan Tengku Dirundeng Meulaboh juga berubah menjadi Yayasan Teuku Umar Johan Pahlawan. Hingga akhirnya, status Universitas Teuku Umar berubah menjadi universitas negeri pada tahun 2014.

Pendaftaran - Biaya Kuliah UTU (Universitas Teuku Umar)

Perubahan status negeri pada Universitas Teuku Umar didasarkan pada beberapa pertimbangan, salah satunya adalah untuk memberikan pemerataan pendidikan tinggi di daerah Aceh. Dengan begitu, semua sistem pendidikan dalam universitas pun berubah, termasuk sistem pembayaran biya kuliah UTU. Sebelum sistem penerimaan mahasiswa baru UTU disamakan dengan universitas negeri lain, Universitas Teuku Umar memiliki sistem penerimaan mahasiswa bau sendiri yang sudah diterapkan sejak lama.

  Pendaftaran - Biaya Kuliah UPN Jatim UPN "Veteran" Surabaya

Setelah perubahan yang dilakukan oleh pemerintah, sistem penerimaan mahasiswa baru dan juga pembayaran biaya kuliah UTU mengalami perubahan.   Demikian pula pada sistem pembayaran biaya kuliah Universitas Teuku Umar juga berubah menjadi sistem UKT. Biaya kuliah UTU mulai menerapkan sistem pembayaran UKT sejak tahun 2013 lalu. Sistem pembayaran uang kuliah tunggal (UKT) ini hanya membebankan pembayaran sekali selama satu semester masa kuliah. Ini artinya, dalam satu semester, semua biaya administrasi baik itu biaya KKN, biaya PKL maupun wisuda sudah dibebankan di awal semester.

Pembayaran biaya kuliah Universitas Teuku Umar dengan sistem UKT ini juga membagi golongan biaya ke dalam beberapa golongan. Untuk golongan pertama, yaitu golongan dengan biaya UKT terendah, mahasiswa hanya dibebankan sebesar RP 500.000 per semester. Sedangkan golongan tertinggi yang dibebankan kepada mahasiswa adalah sebesar Rp 2.600.000 per semester. Ada pula mahasiswa yang tidak perlu membayar UKT sama sekali jika terdaftar sebagai mahasiswa penerima bidik misi.

Biaya Kuliah UTU Universitas Teuku Umar

Biaya UKT UTU (Universitas Teuku Umar)

Biaya Kuliah UKT UTU

Pendaftaran Online UTU (Universitas Teuku Umar)

Berkat perkembangan teknologi informasi kini pendaftaran online UTU untuk seleksi mahasiswa baru bisa dilakukan dengan mudah, anda bisa melakukan pendaftaran melalui berbagai perangkat yang bisa terhubung dengan internet. Bagi anda yang ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi secara umum ada 4 jalur seleksi masuk perguruan tinggi yang ada di Indonesia, yaitu SNMPTN, SBMPTN, UM PTKIN dan Seleksi Masuk UTU Jalur Mandiri.

  Pendaftaran - Biaya Kuliah UNPAD Universitas Padjajaran

Berikut kata kunci yang sering dibutuhkan oleh calon mahasiswa UTU : PMB UTU, Pendaftaran UTU Online, Pendaftaran Mahasiswa Baru UTU, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UTU, Pendaftaran Diploma / Sarjana / Pascasarjana UTU, Pendaftaran Kuliah UTU, Jalur SNMPTN, Jalur SBMPTN, Jalur UM UTU.

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)

Pendaftaran online SNMPTN bisa diakses melalui http://snmptn.ac.id/. Pendaftaran SNMPTN biasanya dimulai pada bulan Feabruari – Maret setiap tahunnya. Seleksi melalui SNMPTN ini hanya berdasarkan nilai rapor dari siswa selama menempuh pendidikan di tingkat MA/SMA/SMK .

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)

Pendaftaran online SBMPTN bisa diakses melalui http://sbmptn.ac.id/. Pendaftaran SBMPTN biasanya dimulai pada bulan April – Mei setiap tahunnya. Seleksi melalui SBMPTN berbeda dengan SNMPTN, pada seleksi SBMPTN calon mahasiswa harus mengikuti ujian tulis yang bisa ditentukan sendiri oleh calon mahasiswa yang dengan memilih PBT (Paper Based Test) atau CBT (Computer Based Test).

Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM PTKIN)

Pendafataran online UM PTKIN bisa diakses melalui http://um-ptkin.ac.id/.  Pendafataran UM PTKIN hanya tersedia untuk universitas negeri dibawah naungan Kementerian Agama Republik indonesia. Sehingga hanya calon mahasiswa yang memilih ingin masuk pada jurusan yang bernafaskan Islam saja yang bisa mengikuti seleksi ini.

  Pendaftaran - Biaya Kuliah UNNES Universitas Negeri Semarang

Seleksi Mandiri Masuk UTU

Seleksi Jalur Mandiri Di UTU secara umum telah ditentukan oleh pihak kampus sendiri, mengenai standar calon mahasiswa yang akan diterima atau ditolak, tentunya juga berbeda dibanding dengan jalur seleksi seperti SNMPTN dan SBMPTN.  Waktu pendaftaran ujian masuk mandiri dari setiap kampus tentu berbeda – beda. Untuk mengakses pendaftaran online seleksi mandiri di UTU anda bisa mengakses laman web www.utu.ac.id.

Saat ini Universitas Teuku Umar, menerima mahasiswa melalui 3 jalur utama, yaitu jalur pertama adalah jalur prestasi yang diperoleh dari nilai rapor dan prestasi lainnya, SNMPTN.  Jalur kedua adalah jalur ujian tulis yang dilaksanakan bersamaan oleh semua universitas negeri se Indonesia. Dan jalur terakhir adalah jalur mandiri, seperti yang telah kami jelaskan di atas.