Pendaftaran – Biaya Kuliah UPR Universitas Palangkaraya

Pendaftaran – Biaya Kuliah UPR Universitas Palangkaraya

Pendaftaran – Biaya Kuliah UPR Universitas Palangkaraya – Sesuai dengan ketetapan MPRS RI agar tiap Daerah Tingkat I di seluruh Indonesia memiliki perguruan tinggi, maka Gubernur Kalimantan Tengah kala itu menyusun pendirian Universitas Palangka Raya. Universitas Palangka Raya peresmiannya dilakukan oleh Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pendidikan, Prof. Dr. Ir. Thojib Hadiwijaya pada tanggal 10 November 1963.

Universitas Palangka Raya waktu itu hanya memiliki 3 fakultas, diantaranya Fakultas Ekonomi, Fakultas Kehutanan, dan Fakultas Pertanian. Pada tanggal 24 Juli 1969 IKIP Bandung Cabang Palangka Raya yang memiliki 2 Fakultas, yaitu Fakultas Ilmu Pendidikan dan Fakultas Keguruan Sosial diintegrasikan ke dalam Univesitas Palangka Raya. Sehingga Universitas Palangka Raya memiliki 1 Fakultas baru yaitu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Pendaftaran - Biaya Kuliah UPR Universitas Palangkaraya

Pada tahun 1981, Universitas Palangka Raya membuka Fakultas Teknologi yang menyelenggarakan program pendidikan D3. Seiring berjalannya waktu pada tahun 2000 berdirilah Fakultas Teknik dan Fakultas Hukum. Pada tahun 2012 membuka fakultas Ilmu Sosial dan Pemerintahan, dan tahun 2013 membuka Fakultas Kedokteran.

Universitas Palangka Raya diakreditasi secara resmi dan / atau diakui oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, jumlah  mahasiswa Universitas Palangka Raya (UPR) sangat besar (antara 10.000-14.999 mahasiswa). Universitas Palangka Raya (UPR) menawarkan kursus dan program yang mengarah ke gelar pendidikan tinggi yang diakui secara resmi di beberapa area studi.

UPR juga menyediakan beberapa fasilitas dan layanan akademik dan non akademik untuk siswa termasuk perpustakaan, serta layanan administrasi. Universitas Palangka Rayaadalah suatu perguruan tinggi negeri pertama dan tertua di Kalimantan Tengah yang terdiri dari 7 fakultas, yaitu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Ekonomi, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik serta Fakultas Kedokteran.

Serta memiliki program pasca sarjana yaitu Program Magister (S2) Manajemen, Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Luar Sekolah, Pendidikan Kimia, Pendidikan Biologi, Ilmu Hukum.Pada tahun 2016 melalui Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Universitas Palangka Raya membuka Program Doktoral Ilmu Lingkungan.

Biaya Kuliah UPR Universitas Palangkaraya

Biaya UKT UPR Universitas Palangkaraya

Pendaftaran - Biaya Kuliah UPR Universitas Palangkaraya

Pendaftaran Online UPR Universitas Palangkaraya

Berkat perkembangan teknologi informasi kini pendaftaran online UPR untuk seleksi mahasiswa baru bisa dilakukan dengan mudah, anda bisa melakukan pendaftaran melalui berbagai perangkat yang bisa terhubung dengan internet. Bagi anda yang ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi secara umum ada 4 jalur seleksi masuk perguruan tinggi yang ada di Indonesia, yaitu SNMPTN, SBMPTN, UM PTKIN dan Seleksi Masuk UPR Jalur Mandiri.

Berikut kata kunci yang sering dibutuhkan oleh calon mahasiswa UPR : PMB UPR, Pendaftaran UPR Online, Pendaftaran Mahasiswa Baru UPR, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UPR, Pendaftaran Diploma / Sarjana / Pascasarjana [KAMPUS], Pendaftaran Kuliah UPR, Jalur SNMPTN, Jalur SBMPTN, Jalur UM UPR.

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)

Pendaftaran online SNMPTN bisa diakses melalui http://snmptn.ac.id/. Pendaftaran SNMPTN biasanya dimulai pada bulan Feabruari – Maret setiap tahunnya. Seleksi melalui SNMPTN ini hanya berdasarkan nilai rapor dari siswa selama menempuh pendidikan di tingkat MA/SMA/SMK .

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)

Pendaftaran online SBMPTN bisa diakses melalui http://sbmptn.ac.id/. Pendaftaran SBMPTN biasanya dimulai pada bulan April – Mei setiap tahunnya. Seleksi melalui SBMPTN berbeda dengan SNMPTN, pada seleksi SBMPTN calon mahasiswa harus mengikuti ujian tulis yang bisa ditentukan sendiri oleh calon mahasiswa yang dengan memilih PBT (Paper Based Test) atau CBT (Computer Based Test).

Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM PTKIN)

Pendafataran online UM PTKIN bisa diakses melalui http://um-ptkin.ac.id/.  Pendafataran UM PTKIN hanya tersedia untuk universitas negeri dibawah naungan Kementerian Agama Republik indonesia. Sehingga hanya calon mahasiswa yang memilih ingin masuk pada jurusan yang bernafaskan Islam saja yang bisa mengikuti seleksi ini.

Seleksi Mandiri Masuk UPR

Seleksi Jalur Mandiri Di UPR secara umum telah ditentukan oleh pihak kampus sendiri, mengenai standar calon mahasiswa yang akan diterima atau ditolak, tentunya juga berbeda dibanding dengan jalur seleksi seperti SNMPTN dan SBMPTN.  Waktu pendaftaran ujian masuk mandiri dari setiap kampus tentu berbeda – beda. Untuk mengakses pendaftaran online seleksi mandiri di UPR anda bisa mengakses laman web http://www.upr.ac.id/.