Pendaftaran – Biaya Kuliah UNSOED Universitas Jenderal Soedirman 2019/2020

Pendaftaran Online – Biaya Kuliah UNSOED Universitas Jenderal Soedirman – Universitas Jenderal Soedirman atau yang sering disingkat dengan UNSOED merupakan sebuah universitas negeri yang berlokasi di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah dengan akta pendirian berdasarkan Keputusan Presiden RI No.195/1963 dan SK Menteri No. 153/1963. Universitas yang berdiri pada tanggal 23 September 1963 ini memiliki luas lebih dari 850.000 m2. Pada awal berdirinya, UNSOED hanya mempunyai tiga fakultas saja, yaitu pertanian, biologi dan ekonomi dan sekarang sudah berkembang menjadi dua belas fakultas dengan lima puluh program studi.

Selain biaya kuliah UNSOED yang terjangkau, universitas ini juga memiliki banyak keunggulan yang menjadikannya salah satu dari 10 PTN terfavorit di Indonesia yang dibuktikan dengan bertenggernya UNSOED di peringkat sembilan pada tingkat kompetensi seleksi masuk. Semua itu dilakukan Universitas Jenderal Soedirman agar dapat meraih impiannya sebagai “World Class Civic University”. Metode penerimaan mahasiswa baru yang digelar UNSOED juga tidak berbeda dengan universitas lainnya begitu pula dengan besar biaya kuliah Universitas Jenderal Soedirman.

Pendaftaran - Biaya Kuliah UNSOED (Universitas Jenderal Soedirman)

Baik jalur mandiri maupun jalur ujian bersama selalu dibanjiri calon mahasiswa yang ingin bergabung menjadi bagian dari Universitas Jenderal Soedirman. Semua jalur penerimaan mahasiswa baru sudah diatur sesuai dengan Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 126 Tahun 2016 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana Pada Perguruan Tinggi Negeri.

Seleksi tersebut meliputi SNMPTN berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik calon mahasiswa, SBMPTN berdasarkan hasil ujian tertulis dalam bentuk cetak atau menggunakan komputer, atau kombinasi hasil ujian tertulis dan ujian keterampilan calon mahasiswa, serta seleksi mandiri yang penetapan dan peraturannya berdasar masing-masing PTN. SNMPTN dan SBMPTN sudah dapat diakses secara online. Waktu ujian serta pengumuman semuanya dilakukan serentak karena ini adalah program yang dilakukan bersama dengan universitas lain di seluruh wilayah Indonesia.

Untuk biaya kuliah UNSOED tentang pendaftaran jalur mandiri berbeda dengan jalur ujian bersama. Namun untuk biaya kuliah Universitas Jenderal Soedirman dan biaya kuliah universitas lain pasti berbeda karena beberapa pertimbangan, begitu pula dengan metode pembelajaran yang ada dalam tiap program studi. Sedangkan untuk penerimaan mahasiswa baru dengan jalur mandiri terdiri dari dua jenis yaitu jenis tertulis dan non tulis. Biaya kuliah UNSOED terkait biaya pendaftaran jalur mandiri non tulis adalah sebesar Rp 150.000 sedangkan jalur tulis sebesar Rp 225.000 untuk kategori saintek dan soshum dan Rp 250.000 untuk kategori campuran.

Biaya Kuliah UNSOED Universitas Jenderal Soedirman

Biaya UKT UNSOED (Universitas Jenderal Soedirman)

Biaya Kuliah UKT UNSOED

Pendaftaran Online UNSOED (Universitas Jenderal Soedirman)

Berkat perkembangan teknologi informasi kini pendaftaran online UNSOED untuk seleksi mahasiswa baru bisa dilakukan dengan mudah, anda bisa melakukan pendaftaran melalui berbagai perangkat yang bisa terhubung dengan internet. Bagi anda yang ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi secara umum ada 4 jalur seleksi masuk perguruan tinggi yang ada di Indonesia, yaitu SNMPTN, SBMPTN, UM PTKIN dan Seleksi Masuk UNSOED Jalur Mandiri.

Berikut kata kunci yang sering dibutuhkan oleh calon mahasiswa UNSOED : PMB UNSOED, Pendaftaran UNSOED Online, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNSOED, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru [KAMPUS], Pendaftaran Diploma / Sarjana / Pascasarjana UNSOED, Pendaftaran Kuliah UNSOED, Jalur SNMPTN, Jalur SBMPTN, Jalur UM UNSOED.

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)

Pendaftaran online SNMPTN bisa diakses melalui http://snmptn.ac.id/. Pendaftaran SNMPTN biasanya dimulai pada bulan Feabruari – Maret setiap tahunnya. Seleksi melalui SNMPTN ini hanya berdasarkan nilai rapor dari siswa selama menempuh pendidikan di tingkat MA/SMA/SMK .

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)

Pendaftaran online SBMPTN bisa diakses melalui http://sbmptn.ac.id/. Pendaftaran SBMPTN biasanya dimulai pada bulan April – Mei setiap tahunnya. Seleksi melalui SBMPTN berbeda dengan SNMPTN, pada seleksi SBMPTN calon mahasiswa harus mengikuti ujian tulis yang bisa ditentukan sendiri oleh calon mahasiswa yang dengan memilih PBT (Paper Based Test) atau CBT (Computer Based Test).

Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM PTKIN)

Pendafataran online UM PTKIN bisa diakses melalui http://um-ptkin.ac.id/.  Pendafataran UM PTKIN hanya tersedia untuk universitas negeri dibawah naungan Kementerian Agama Republik indonesia. Sehingga hanya calon mahasiswa yang memilih ingin masuk pada jurusan yang bernafaskan Islam saja yang bisa mengikuti seleksi ini.

Seleksi Mandiri Masuk UNSOED

Seleksi Jalur Mandiri Di UNSOED secara umum telah ditentukan oleh pihak kampus sendiri, mengenai standar calon mahasiswa yang akan diterima atau ditolak, tentunya juga berbeda dibanding dengan jalur seleksi seperti SNMPTN dan SBMPTN.  Waktu pendaftaran ujian masuk mandiri dari setiap kampus tentu berbeda – beda. Untuk mengakses pendaftaran online seleksi mandiri di UNSOED anda bisa mengakses laman web http://spmb.unsoed.ac.id/.

Universitas Jenderal Soedirman sudah menetapkan UKT atau Uang Kuliah tunggal sebagai sistem untuk biaya kuliah UNSOED. UKT adalah besar biaya yang harus dibayar mahasiswa setiap satu kali tiap semester dan dibagi menurut kemampuan ekonomi mahasiswa tersebut. Sistem UKT mulai ditetapkan pada tahun 2013 yang menggabungkan seluruh biaya kuliah menjadi satu.