Pendaftaran – Biaya Kuliah UNPAR Universitas Katolik Parahyangan 2018/2019

Pendaftaran Online – Biaya Kuliah UNPAR Universitas Katolik Parahyangan – Pada 1950 setelah perang kemerdekaan, Indonesia kekurangan sumber daya manusia yang berpendidikan tinggi. Oleh karena itu, pimpinan gereja katolik Indonesia berinisiatif mendirikan universitas. Perguruan tinggi tersebut dikenal dengan nama Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR). Universitas tersebut merupakan perguruan tinggi swasta, sehingga biaya kuliah UNPAR akan berbeda dengan perguruan tinggi negeri. Universitas Katolik Parahyangan terletak di Bandung, Jawa Barat. Perguruan tinggi ini memiliki beberapa fakultas yaitu hukum, ekonomi, teknik, filsafat, sosial politik, teknologi industri serta fakultas teknologi informasi dan sains.

Bukan hanya program studi sarjana, pada 1995 UNPAR resmi membuka program magister atau pasca sarjana. Ada 4 program magister yang telah dibuka yakni ilmu hukum, manajemen, arsitektur dan teknik sipil. Berbekal semangat membangun sumber daya manusia Indonesia, pada tahun 1999 universitas ini berhasil mendapat izin untuk menyelenggarakan Program Studi Doktor (S3) yaitu program ilmu hukum dan program ilmu teknik sipil. Dengan adanya bermacam-macam program studi biaya kuliah UNPAR akan berbeda pada setiap jenjang baik S1, S2, S3 dan Profesi.

Pendaftaran - Biaya Kuliah UNPAR (Universitas Katolik Parahyangan)

Universitas Katolik Parahyangan menerima mahasiswa baru melalui 4 jalur yaitu PMDK (Penelusuran Minat dan Kemampuan), UMB (Ujian Masuk Bersama), USM (Ujian Saringan Masuk) dan jalur mahasiswa asing. Jalur PMDK tidak menggunakan ujian seleksi tertulis, namun memakai nilai mata pelajaran tertentu dari kelas X sampai XI. Nilainya juga paling tidak telah memenuhi KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal).

  Pendaftaran - Biaya Kuliah STTT Sekolah Tinggi Teknologi Tekstil

Biaya kuliah UNPAR terdiri dari biaya kuliah pokok awal masuk, biaya sks dan sumbangan sukarela. Setiap 1 sks untuk program studi S1 dikenai biaya sebesar Rp 289.000,-. Sedangkan untuk program studi D3 akan dipungut Rp 180.000,- per sksnya. Sumbangan sukarela dikenai pungutan minimal Rp 1.000.000,- dan boleh kelipatannya. Jadi, biaya Kuliah Universitas Katolik Parahyangan tiap semesternya akan berbeda dan sangat tergantung dari jumlah sks yang diambil. Semakin banyak jumlah jumlah sks yang diambil, maka uang yang harus dibayarkan dalam setiap semester akan semakin besar.

Uang kuliah pokok yang dibayarkan juga akan berbeda pada setiap semesternya. Jika pada semester ganjil biaya kuliah pokok yang dibayarkan jauh lebih besar dari pada semester genap. Misalkan untuk jurusan S1 Manajemen uang kuliah pokok awal masuk yang dibayarkan pada semester ganjil sebesar Rp 25.500.000,-. Sedangkan, pada semester genap untuk jurusan tersebut dikenai biaya pokok sebesar Rp 4.300.000,-. Terlihat jelas bukan bahwa biaya kuliah UNPAR sangat ditentukan jenis semesternya.

Biaya Kuliah UNPAR Universitas Katolik Parahyangan

Biaya Kuliah UNPAR Registrasi dan Semester 1

Biaya Kuliah UNPAR

Biaya Kuliah UNPAR Semester 2 s/d Selesai

Biaya Kuliah UNPAR

Pendaftaran Online UNPAR (Universitas Katolik Parahyangan)

Berkat perkembangan teknologi informasi kini pendaftaran online UNPAR untuk seleksi mahasiswa baru bisa dilakukan dengan mudah, anda bisa melakukan pendaftaran melalui berbagai perangkat yang bisa terhubung dengan internet. Bagi anda yang ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi secara umum ada 4 jalur seleksi masuk perguruan tinggi yang ada di Indonesia, yaitu SNMPTN, SBMPTN, UM PTKIN dan Seleksi Masuk UNPAR Jalur Mandiri.

  Pendaftaran - Biaya Kuliah ATMI Akademi Tehnik Mesin Industri

Berikut kata kunci yang sering dibutuhkan oleh calon mahasiswa UNPAR : PMB UNPAR, Pendaftaran UNPAR Online, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNPAR, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNPAR, Pendaftaran Diploma / Sarjana / Pascasarjana UNPAR, Pendaftaran Kuliah UNPAR, Jalur SNMPTN, Jalur SBMPTN, Jalur UM UNPAR.

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)

Pendaftaran online SNMPTN bisa diakses melalui http://snmptn.ac.id/. Pendaftaran SNMPTN biasanya dimulai pada bulan Feabruari – Maret setiap tahunnya. Seleksi melalui SNMPTN ini hanya berdasarkan nilai rapor dari siswa selama menempuh pendidikan di tingkat MA/SMA/SMK .

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)

Pendaftaran online SBMPTN bisa diakses melalui http://sbmptn.ac.id/. Pendaftaran SBMPTN biasanya dimulai pada bulan April – Mei setiap tahunnya. Seleksi melalui SBMPTN berbeda dengan SNMPTN, pada seleksi SBMPTN calon mahasiswa harus mengikuti ujian tulis yang bisa ditentukan sendiri oleh calon mahasiswa yang dengan memilih PBT (Paper Based Test) atau CBT (Computer Based Test).

Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM PTKIN)

Pendafataran online UM PTKIN bisa diakses melalui http://um-ptkin.ac.id/.  Pendafataran UM PTKIN hanya tersedia untuk universitas negeri dibawah naungan Kementerian Agama Republik indonesia. Sehingga hanya calon mahasiswa yang memilih ingin masuk pada jurusan yang bernafaskan Islam saja yang bisa mengikuti seleksi ini.

  Pendaftaran - Biaya Kuliah Telkom University (TEL-U)

Seleksi Mandiri Masuk UNPAR

Seleksi Jalur Mandiri Di UNPAR secara umum telah ditentukan oleh pihak kampus sendiri, mengenai standar calon mahasiswa yang akan diterima atau ditolak, tentunya juga berbeda dibanding dengan jalur seleksi seperti SNMPTN dan SBMPTN.  Waktu pendaftaran ujian masuk mandiri dari setiap kampus tentu berbeda – beda. Untuk mengakses pendaftaran online seleksi mandiri di UNPAR anda bisa mengakses laman web https://pmb.unpar.ac.id/.

Sedangkan untuk jalur seleksi USM dan UMB seleksi dilakukan melalui ujian tertulis. Jalur mahasiswa asing dapat digunakan untuk mahasiswa regular maupun program student exchange, yang tentunya mahasiswa berasal dari negara lain. Meskipun, mahasiswa baru yang diterima melalui jalur berbeda-beda biaya Kuliah Universitas Katolik Parahyangan dibuat sama.