Pendaftaran – Biaya Kuliah UNPAD Universitas Padjajaran 2019/2020

Pendaftaran Online – Biaya Kuliah UNPAD Universitas Padjajaran – UNPAD berubah status jadi PTN BH yang semula adalah BLU. Hal ini terjadi pada 20 Oktober tahun 2014. Peresmian tersebut ditandai dengan adanya PP atau Peraturan Pemerintah dengan adanya penandatanganan oleh presiden kala itu, yaitu SBY. Penetapan tersebut berdasar pada evaluasi kinerja oleh tim independen. Tim tersebut dibentuk oleh Kemendikbud. Unpad telah memperoleh peringkat A atau sangat baik berdasar pada keputusan dari BAN PT, 16 Januari tahun 2014. Dengan adanya perubahan yang terjadi, maka tentu mempengaruhi biaya kuliah UNPAD pula.

Nama ‘Padjajaran”, berasal dari nama kerajaan yang ada di Sunda, yakni Kerajaan Padjajaran. Sebagai pimpinan adalah Prabu Siliwangi. Nama ini sangat terkenal di kalangan rakyat yang ada di Jawa Barat. Hal ini karena adanya kemashuran dari sosok antara raja-raja pada tatar Sunda kala itu. UNPAD sendiri diprakarsai oleh pemuka masyarakat yang ada di Jawa Barat yang berkeinginan untuk mempunyai sebuah perguruan tinggi. Sehingga, memiliki wadah bagi pemuda maupun pemudi Jawa Barat dalam mendapatkan pendidikan tinggi. Hal ini sebagai persiapan menciptakan pemimpin di masa depan. UNPAD resmi didirikan 11 September tahun 1957 serta diresmikan oleh Soekarno selaku presiden 24 September tahun 1957. Selain sejarah, perlu juga diketahui tentang biaya kuliah UNPAD.

Pendaftaran Online - Biaya Kuliah UNPAD (Universitas Padjajaran)

Metode penerimaan mahasiswa baru di UNPAD terdapat beberapa jalur. Pendaftar bisa memilih jalur yaitu Kelas Internasional. UNPAD sebagai salah satu dari kampus terbaik di Indonesia, maka banyak mahasiswa asing ingin berkuliah di UNPAD. Sehingga, pihak UNPAD membuka jalur masuk secara khusus, yaitu Kelas Internasional. Selain itu, masih bisa lewat jalur SBMPTN. Pada jalur ini, tidak hanya lewat undangan, tetapi juga bisa lewat jalur tertulis bagi yang tidak dapat ikut pada jalur sebelumnya. Informasi tentang biaya kuliah UNPAD, akan dibahas selanjutnya.

Calon mahasiswa juga bisa memilih jalur beasiswa yaitu Bidik Misi. Program ini adalah seleksi khusus berupa beasiswa untuk golongan ekonomi lemah. Sehingga, pendaftar tidak perlu khawatir dengan biaya kuliah Universitas Padjajaran. Jalur terakhir adalah pendaftaran lewat SNMPTN. Istilah ini merupakan seleksi nasional dengan menggunakan sistem yaitu seleksi undangan. Sehingga, bagi pendaftar harus mendapatkan rekomendasi berasal dari sekolah yang sesuai persyaratan yaitu berprestasi di sekolah di tingkat SMA/SMK atau sederajat.

Biaya Kuliah UNPAD Universitas Padjajaran

Biaya UKT UNPAD (Universitas Padjajaran)

Biaya Kuliah UKT UNPAD

Pendaftaran Online UNPAD (Universitas Padjajaran)

Berkat perkembangan teknologi informasi kini pendaftaran online UNPAD untuk seleksi mahasiswa baru bisa dilakukan dengan mudah, anda bisa melakukan pendaftaran melalui berbagai perangkat yang bisa terhubung dengan internet. Bagi anda yang ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi secara umum ada 4 jalur seleksi masuk perguruan tinggi yang ada di Indonesia, yaitu SNMPTN, SBMPTN, UM PTKIN dan Seleksi Masuk UNPAD Jalur Mandiri.

Berikut kata kunci yang sering dibutuhkan oleh calon mahasiswa UNPAD : PMB UNPAD, Pendaftaran UNPAD Online, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNPAD, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNPAD, Pendaftaran Diploma / Sarjana / Pascasarjana UNPAD, Pendaftaran Kuliah UNPAD, Jalur SNMPTN, Jalur SBMPTN, Jalur UM UNPAD.

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)

Pendaftaran online SNMPTN bisa diakses melalui http://snmptn.ac.id/. Pendaftaran SNMPTN biasanya dimulai pada bulan Feabruari – Maret setiap tahunnya. Seleksi melalui SNMPTN ini hanya berdasarkan nilai rapor dari siswa selama menempuh pendidikan di tingkat MA/SMA/SMK .

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)

Pendaftaran online SBMPTN bisa diakses melalui http://sbmptn.ac.id/. Pendaftaran SBMPTN biasanya dimulai pada bulan April – Mei setiap tahunnya. Seleksi melalui SBMPTN berbeda dengan SNMPTN, pada seleksi SBMPTN calon mahasiswa harus mengikuti ujian tulis yang bisa ditentukan sendiri oleh calon mahasiswa yang dengan memilih PBT (Paper Based Test) atau CBT (Computer Based Test).

Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM PTKIN)

Pendafataran online UM PTKIN bisa diakses melalui http://um-ptkin.ac.id/.  Pendafataran UM PTKIN hanya tersedia untuk universitas negeri dibawah naungan Kementerian Agama Republik indonesia. Sehingga hanya calon mahasiswa yang memilih ingin masuk pada jurusan yang bernafaskan Islam saja yang bisa mengikuti seleksi ini.

Seleksi Mandiri Masuk UNPAD

Seleksi Jalur Mandiri Di UNPAD secara umum telah ditentukan oleh pihak kampus sendiri, mengenai standar calon mahasiswa yang akan diterima atau ditolak, tentunya juga berbeda dibanding dengan jalur seleksi seperti SNMPTN dan SBMPTN.  Waktu pendaftaran ujian masuk mandiri dari setiap kampus tentu berbeda – beda. Untuk mengakses pendaftaran online seleksi mandiri di UNPAD anda bisa mengakses laman web http://smup.unpad.ac.id/.

Biaya kuliah UNPAD saat ini, memakai sistem yaitu UKT dimana pembayaran dari UKT dilakukan pada awal semester. Dengan adanya UKT, maka tidak perlu untuk membayar uang pembangunan atau uang pangkal. Sehingga, pembayaran biaya kuliah Universitas Padjajaran hanya dibayar satu kali pada awal semester saja. Sementara itu, besar dari UKT untuk tiap mahasiswa ditetapkan berdasar pada besar dari penghasilan orang tua saat melakukan daftar ulang untuk yang sudah dinyatakan lulus untuk seleksi.