Pendaftaran – Biaya Kuliah UNJ Universitas Negeri Jakarta 2019/2020

Pendaftaran Online – Biaya Kuliah UNJ Universitas Negeri Jakarta – UNJ atau yang lebih dikenal sebagai Universitas Negeri Jakarta, berdiri tidak langsung sebagai UNJ. Seperti banyaknya universitas lain di Indonesia, universitas ini berdiri pertama kali sebagai satu fakultas saja. Biaya kuliah UNJ yang belum diberi nama resmi UNJ pun belum seberapa, jika dibandingkan dengan sekarang. Karena sejak awal terdiri dari gabungan beberapa fakultas dan institut yang berbeda, maka hari jadinya pun tidak terlalu jelas. Namun, pihak universitas saat itu akhirnya menetapkan hari jadi fakultas pertama yang menjadi cikal bakal UNJ sebagai hari jadi universitas tersebut.

Untuk mengatasi permasalahan mengenai kurangnya kualitas dan kuantitas pendidikan tinggi di Indonesia. Tidak hanya di jenjang perguruan tinggi, jenjang lain pun dirasa kurang memadai. Menyikapi hal ini, didirikanlah kursus untuk mendidik guru-guru sebagai tenaga pengajar. Perbaikan pendidikan dan mutu guru terus diberlakukan sebagai dasar untuk pendidikan Indonesia. Maka, pada tahun 1964, diresmikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dari salah satu kursus pendidikan guru yang bergabung universitas terdekat saat itu. Saat itu adalah tanggal 16 Mei, maka hari jadi UNJ ditetapkan pada tanggal ini. Sejak saat didirikannya universitas ini, sudah banyak perbaikan dan pembaruan seperti kurikulum, biaya kuliah UNJ, dan sistem administrasi.

UNJ (Universitas Negeri Jakarta)

Biaya kuliah Universitas Jakarta dibayarkan setelah dilakukannya pendaftaran dan apabila Anda sudah diterima menjadi mahasiswa UNJ. Dimana sebelumnya, Anda harus melalui beberapa tahapan terlebih dahulu. Yang jelas, syarat pertama adalah Anda harus lulus SMA atau pendidikan lain yang setara. Kelulusan ini bukan hanya dengan melalui Ujian Nasional saja, tapi juga harus melalui tes untuk masuk ke perguruan tinggi negeri yang diadakan secara nasional.

Cara lainnya adalah dengan mendaftar penerimaan mandiri dari UNJ. Penerimaan ini biasa disebut PMB, akan tetapi UNJ memberikan nama unik, yaitu Penmaba, yang merupakan singkatan dari Penerimaan Mahasiswa Baru. Bagi yang sudah lolos penerimaan mandiri dari UNJ ini, maka resmi menjadi mahasiswa UNJ dan sudah bisa membayar biaya kuliah UNJ seperti mahasiswa pada umumnya.

Selain dua jalur tersebut, ada jalur lain berupa jalur akademik. Jalur ini diperuntukkan bagi murid-murid yang memiliki prestasi di bidang akademis. Pendaftarnya harus direkomendasikan oleh sekolah asal, dengan berbagai syarat yang harus dipenuhi. Pendaftar jalur ini besar kemungkinan bisa mendapatkan beasiswa. Jadi, biaya kuliah Universitas Negeri Jakarta tidak harus dibayar susah payah dengan biaya sendiri. Bisa dengan mengusahakan berbagai beasiswa yang disediakan dari pihak universitas maupun luar universitas.

Biaya Kuliah UNJ Universitas Negeri Jakarta

Biaya UKT UNJ (Universitas Negeri Jakarta)

Biaya Kuliah UKT UNJ Biaya Kuliah UKT UNJ

Pendaftaran Online UNJ (Universitas Negeri Jakarta)

Berkat perkembangan teknologi informasi kini pendaftaran online UNJ untuk seleksi mahasiswa baru bisa dilakukan dengan mudah, anda bisa melakukan pendaftaran melalui berbagai perangkat yang bisa terhubung dengan internet. Bagi anda yang ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi secara umum ada 4 jalur seleksi masuk perguruan tinggi yang ada di Indonesia, yaitu SNMPTN, SBMPTN, UM PTKIN dan Seleksi Masuk UNJ Jalur Mandiri.

Berikut kata kunci yang sering dibutuhkan oleh calon mahasiswa UNJ : PMB UNJ, Pendaftaran UNJ Online, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNJ, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNJ, Pendaftaran Diploma / Sarjana / Pascasarjana UNJ, Pendaftaran Kuliah UNJ, Jalur SNMPTN, Jalur SBMPTN, Jalur UM UNJ.

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)

Pendaftaran online SNMPTN bisa diakses melalui http://snmptn.ac.id/. Pendaftaran SNMPTN biasanya dimulai pada bulan Feabruari – Maret setiap tahunnya. Seleksi melalui SNMPTN ini hanya berdasarkan nilai rapor dari siswa selama menempuh pendidikan di tingkat MA/SMA/SMK .

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)

Pendaftaran online SBMPTN bisa diakses melalui http://sbmptn.ac.id/. Pendaftaran SBMPTN biasanya dimulai pada bulan April – Mei setiap tahunnya. Seleksi melalui SBMPTN berbeda dengan SNMPTN, pada seleksi SBMPTN calon mahasiswa harus mengikuti ujian tulis yang bisa ditentukan sendiri oleh calon mahasiswa yang dengan memilih PBT (Paper Based Test) atau CBT (Computer Based Test).

Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM PTKIN)

Pendafataran online UM PTKIN bisa diakses melalui http://um-ptkin.ac.id/.  Pendafataran UM PTKIN hanya tersedia untuk universitas negeri dibawah naungan Kementerian Agama Republik indonesia. Sehingga hanya calon mahasiswa yang memilih ingin masuk pada jurusan yang bernafaskan Islam saja yang bisa mengikuti seleksi ini.

Seleksi Mandiri Masuk UNJ

Seleksi Jalur Mandiri Di UNJ secara umum telah ditentukan oleh pihak kampus sendiri, mengenai standar calon mahasiswa yang akan diterima atau ditolak, tentunya juga berbeda dibanding dengan jalur seleksi seperti SNMPTN dan SBMPTN.  Waktu pendaftaran ujian masuk mandiri dari setiap kampus tentu berbeda – beda. Untuk mengakses pendaftaran online seleksi mandiri di UNJ anda bisa mengakses laman web http://penmaba.unj.ac.id/.

Biaya kuliah UNJ ini memiliki berbagai variasi untuk jumlah yang dibayarkan. Anda yang memilih jurusan keguruan akan membayar biaya kuliah yang berbeda dengan jurusan bahasa. Bukan berarti harus memilih yang murah, Anda bisa memilih sesuai dengan minat dan bakat Anda.