Pendaftaran – Biaya Kuliah UNIMED Universitas Negeri Medan 2019/2020

Pendaftaran Online – Biaya Kuliah UNIMED Universitas Negeri Medan – Sebelum berbicara lebih jauh tentang sistem pembelajaran dan biaya kuliah UNIMED, akan lebih  baik jika kita bahas tentang sejarah Unimed terlebih dahulu. Sejarah berdirinya Universitas Negeri Medan tak bisa dilepaskan dari peran tokoh-tokoh besar kala itu. Universitas Negeri Medan pada awalnya merupakan sebuah Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG). Saat itu PTPG hanya mempunyai empat jurusan, yaitu jurusan Bahasa Inggris, Ilmu Pengetahuan Masyarakat, Ilmu Pendidikan dan Jasmani.  Kemudian, pada tahun 1955, PTPG bergabung menjadi salah satu bagian USU untuk melengkapi agar USU bisa menjadi sebuah perguruan tinggi negeri.

PTPG kemudian berubah nama menjadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) di USU. Fakultas ini kemudian banyak mengalami kemajuan. Beberapa dosen juga berkesempatan belajar di Amerika Serikat. Selain itu banyak juga staf pengajar yang didatangkan ke Universitas Negeri Medan untuk membantu saat itu. Universitas Negeri Medan pun semakin berkembang seiring waktu. Sempat menyandang status sebagai IKIP Jakarta cabang Medan, USU akhirnya diresmikan menjadi sebuah universitas negeri pada tahun 2000. Saat itu melalui SK Presiden No. 124 tahun 1999 tanggal 7 Oktober 1999.

Pendaftaran - Biaya Kuliah UNIMED (Universitas Negeri Medan)

Sejak saat itulah Universitas Negeri Medan mendapatkan perluasan mandat yang tidak hanya mengelola bidang-bidang pendidikan saja, namun juga bidang non pendidikan. Sejak saat itu semua sistem dan kelembagaan UNIMED berubah mengikuti peraturan pemerintah, termasuk dalam hal penentuan biaya kuliah UNIMED dan penerimaan mahasiswa.

Menurut peraturan baru yang diterapkan pemerintah, pada dasarnya, setiap universitas negeri di Indonesia menerima mahasiswa baru melalui 3 jalur utama. Jalur penerimaan itu yang pertama adalah melalui jalur SNMPTN atau jalur prestasi, jalur ujian tulis bersama (SBMPTN) dan jalur mandiri. Dua jalur pertama dilaksanakan secara serempak se Indonesia dengan sistem yang juga sudah diatur dalam Undang-undang.

Sedangkan jalur mandiri, berbeda-beda sistem dan jumlah penerimaannya tergantung masing-masing Universitas. Perbedaan inilah yang juga membedakan biaya kuliah UNIMED. Biaya kuliah Universitas Negeri Medan sejak tahun 2013 pun sebenarnya sudah menerapkan sistem yang sama yaitu dengan UKT. Namun kemudian jumlahnya berbeda-beda tergantung fakultasnya masing-masing.

Penggolongan biaya kuliah Universitas Negeri Medan secara garis besar dibedakan menjadi 5 golongan berdasarkan kemampuan ekonomi mahasiswa. Golongan pertama adalah mahasiswa yang termasuk dalam kategori tidak mampu dengan biaya UKT Rp 500.000 per semester. Sedangkan golongan 5 adalah mahasiswa dengan kategori sangat mampu, yaitu sebesar Rp 16.000.000 per semester.

Biaya Kuliah UNIMED Universitas Negeri Medan

Biaya UKT UNIMED (Universitas Negeri Medan)

Biaya Kuliah UKT UNIMED

Pendaftaran Online UNIMED (Universitas Negeri Medan)

Berkat perkembangan teknologi informasi kini pendaftaran online UNIMED untuk seleksi mahasiswa baru bisa dilakukan dengan mudah, anda bisa melakukan pendaftaran melalui berbagai perangkat yang bisa terhubung dengan internet. Bagi anda yang ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi secara umum ada 4 jalur seleksi masuk perguruan tinggi yang ada di Indonesia, yaitu SNMPTN, SBMPTN, UM PTKIN dan Seleksi Masuk UNIMED Jalur Mandiri.

Berikut kata kunci yang sering dibutuhkan oleh calon mahasiswa UNIMED : PMB UNIMED, Pendaftaran UNIMED Online, Pendaftaran Mahasiswa Baru [KAMPUS], Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNIMED, Pendaftaran Diploma / Sarjana / Pascasarjana [KAMPUS], Pendaftaran Kuliah [KAMPUS], Jalur SNMPTN, Jalur SBMPTN, Jalur UM UNIMED.

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)

Pendaftaran online SNMPTN bisa diakses melalui http://snmptn.ac.id/. Pendaftaran SNMPTN biasanya dimulai pada bulan Feabruari – Maret setiap tahunnya. Seleksi melalui SNMPTN ini hanya berdasarkan nilai rapor dari siswa selama menempuh pendidikan di tingkat MA/SMA/SMK .

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)

Pendaftaran online SBMPTN bisa diakses melalui http://sbmptn.ac.id/. Pendaftaran SBMPTN biasanya dimulai pada bulan April – Mei setiap tahunnya. Seleksi melalui SBMPTN berbeda dengan SNMPTN, pada seleksi SBMPTN calon mahasiswa harus mengikuti ujian tulis yang bisa ditentukan sendiri oleh calon mahasiswa yang dengan memilih PBT (Paper Based Test) atau CBT (Computer Based Test).

Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM PTKIN)

Pendafataran online UM PTKIN bisa diakses melalui http://um-ptkin.ac.id/.  Pendafataran UM PTKIN hanya tersedia untuk universitas negeri dibawah naungan Kementerian Agama Republik indonesia. Sehingga hanya calon mahasiswa yang memilih ingin masuk pada jurusan yang bernafaskan Islam saja yang bisa mengikuti seleksi ini.

Seleksi Mandiri Masuk UNIMED

Seleksi Jalur Mandiri Di UNIMED secara umum telah ditentukan oleh pihak kampus sendiri, mengenai standar calon mahasiswa yang akan diterima atau ditolak, tentunya juga berbeda dibanding dengan jalur seleksi seperti SNMPTN dan SBMPTN.  Waktu pendaftaran ujian masuk mandiri dari setiap kampus tentu berbeda – beda. Untuk mengakses pendaftaran online seleksi mandiri di UNIMED anda bisa mengakses laman web http://spmb.unimed.ac.id/.

Biaya kuliah UNIMED ini juga berbeda tergantung kategori belajar, untuk kategori eksakta memiliki selisih sedikit jika dibandingkan UKT non-eksakta. Hal ini karena untuk kategori eksakta masih harus ditambahkan biaya praktikum. Penggolongan ini didasarkan pada kemampuan ekonomi yang dilihat dari berkas-berkas yang diserahkan pada pihak kampus saat melakukan registrasi ulang mahasiswa.