Pendaftaran – Biaya Kuliah UNIMA Universitas Negeri Manado 2019/2020

Pendaftaran – Biaya Kuliah UNIMA Universitas Negeri Manado – Universitas Negeri Manado, disingkat Unima adalah salah satu perguruan tinggi yang berada di bukit Tonsaru Tataaran, Jalan Tondano, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara, Indonesia. Universitas Negeri Manado saat ini memiliki 7 fakultas, yaitu: Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Sosial, Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Bahasa dan Seni, Fakultas Ilmu Keolahragaan, dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

UNIMA atau yang dulu bernama PTPG (Perguruan Tinggi Pendidikan Indonesia) Tondano merupakan salah satu PTPG pertama di Indonesia berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 2450/KB/1955 tanggal 22 September 1955.

Pendaftaran - Biaya Kuliah UNIMA Universitas Negeri Manado

PTPG Tondano mengalami beberpa perubahan nama sebelum menjadi Universitas Negeri Manado, diantaranya FKIP Universitas Hasanuddin Makassar, lalu berubah menjadi FKIP Universitas Hasanuddin Tondano, berubah lagi menjadi FKIP Unsulteng, lalu berubah nama lagi menjadi IKIP Yogyakarta cabang Manado, dan yang terakhir adalah IKIP Manado.

IKIP Manado yang berdiri sendiri berdasarkan SK Menteri Pendidikan Tinggi dan Ilmu Pendidikan No. 38 tanggal 8 maret 1965, pada tahun 2000 dikonversi menjadi Universitas Negeri Manado berdasarkan SK Presiden 127 Tahun 2000. Peresmian Universitas Negeri Manado ini dipimpin oleh Menteri Pendidikan yaitu Bapak yahya Muhaimin pada 14 oktober 2000. Berdasarkan Kepres RI No. 127 Tahun 2000 tersebut UNIMA memiliki fungsi menciptakan tenaga ahli dan profesional di bidang pendidikan serta menciptakan tenaga ahli dan profesional di bidang non kependidikan.

Saat ini, terdapat sekitar 288 ruang kuliah yang terdapat di seluruh kampus Universitas Negeri Manado. Universitas Negeri Manado juga memiliki perpustakaan dengan luas total 6.000 m2 yang terdiri dari perpustakaan pusat serta enam ruang baca lainnya yang tersebar di setiap fakultas.Fasilitas lain yang terdapat di UNIMA antara lain 11 unit laboratorium dengan total luas 12.251 m2.

Laboratorium tersebut terdapat di beberapa jurusan dan program studi dan 12 pusat studi lembaga penelitian, diantaranya: Pusat Studi Kependidikan, Pusat Studi Bencana, Kebumian dan Energi, Pusat Studi Matematika dan Sains, Pusat Studi Teknologi, Informasi dan Komunikasi, Pusat Teknik dan Rekayasa, Pusat Studi Bioteknologi, Pusat Studi Lingkungan, Pusat Studi Seni dan Humaniora, Pusat Studi Gender dan Kependudukan, Pusat Studi Politik, Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM), Pusat Studi Olahraga dan Kesehatan, dan Pusat Studi Ekonomi dan Bisnis.

Biaya Kuliah UNIMA Universitas Negeri Manado

Biaya UKT UNIMA Universitas Negeri Manado

Pendaftaran - Biaya Kuliah UNIMA Universitas Negeri Manado

Pendaftaran Online UNIMA Universitas Negeri Manado

Berkat perkembangan teknologi informasi kini pendaftaran online UNIMA untuk seleksi mahasiswa baru bisa dilakukan dengan mudah, anda bisa melakukan pendaftaran melalui berbagai perangkat yang bisa terhubung dengan internet. Bagi anda yang ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi secara umum ada 4 jalur seleksi masuk perguruan tinggi yang ada di Indonesia, yaitu SNMPTN, SBMPTN, UM PTKIN dan Seleksi Masuk UNIMA Jalur Mandiri.

Berikut kata kunci yang sering dibutuhkan oleh calon mahasiswa UNIMA : PMB UNIMA, Pendaftaran UNIMA Online, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNIMA, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNIMA, Pendaftaran Diploma / Sarjana / Pascasarjana UNIMA, Pendaftaran Kuliah UNIMA, Jalur SNMPTN, Jalur SBMPTN, Jalur UM UNIMA.

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)

Pendaftaran online SNMPTN bisa diakses melalui http://snmptn.ac.id/. Pendaftaran SNMPTN biasanya dimulai pada bulan Feabruari – Maret setiap tahunnya. Seleksi melalui SNMPTN ini hanya berdasarkan nilai rapor dari siswa selama menempuh pendidikan di tingkat MA/SMA/SMK .

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)

Pendaftaran online SBMPTN bisa diakses melalui http://sbmptn.ac.id/. Pendaftaran SBMPTN biasanya dimulai pada bulan April – Mei setiap tahunnya. Seleksi melalui SBMPTN berbeda dengan SNMPTN, pada seleksi SBMPTN calon mahasiswa harus mengikuti ujian tulis yang bisa ditentukan sendiri oleh calon mahasiswa yang dengan memilih PBT (Paper Based Test) atau CBT (Computer Based Test).

Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM PTKIN)

Pendafataran online UM PTKIN bisa diakses melalui http://um-ptkin.ac.id/.  Pendafataran UM PTKIN hanya tersedia untuk universitas negeri dibawah naungan Kementerian Agama Republik indonesia. Sehingga hanya calon mahasiswa yang memilih ingin masuk pada jurusan yang bernafaskan Islam saja yang bisa mengikuti seleksi ini.

Seleksi Mandiri Masuk UNIMA

Seleksi Jalur Mandiri Di UNIMA secara umum telah ditentukan oleh pihak kampus sendiri, mengenai standar calon mahasiswa yang akan diterima atau ditolak, tentunya juga berbeda dibanding dengan jalur seleksi seperti SNMPTN dan SBMPTN.  Waktu pendaftaran ujian masuk mandiri dari setiap kampus tentu berbeda – beda. Untuk mengakses pendaftaran online seleksi mandiri di UNIMA anda bisa mengakses laman web http://www.unima.ac.id/.