Pendaftaran – Biaya Kuliah UNILA Universitas Lampung 2019/2020

Pendaftaran Online – Biaya Kuliah UNILA Universitas Lampung – Perkembangan dunia pendidikan di Indonesia, saat ini tergolong semakin maju. Terutama untuk pendidikan Perguruan Tinggi. Terdapat ratusan Perguruan Tinggi baik Negeri ataupun Swasta yang tersebar di berbagai pulau di Indonesia. Kali ini, kita akan sedikit membahas mengenai salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang tertua dan pertama kali didirikan di Sumatera Selatan tepatnya di kota Lampung. UNILA atau dikenal dengan Universitas Lampung, kini menjelma menjadi salah satu PT yang dipilih oleh para pelajar Indonesia sebagai tempat untuk menuntut ilmu. Untuk lebih lanjut, simak ulasan mengenai sejarah UNILA hingga biaya kuliah UNILA.

UNILA didirikan pada 23 September 1965 di Lampung, Sumatera Selatan. Universitas ini didirikan oleh pemerintah setempat dikarenakan banyak sekali para pelajar SMA terbaik di Lampung yang ingin melanjutkan pendidikan ke taraf Perguruan Tinggi harus hijrah ke pulau Jawa. Maka dari itulah, terbentuklah suatu gagasan untuk mendirikan suatu Perguruan Tinggi di Lampung, agar putera-puteri yang berprestasi dapat menempuh pendidikan tingkat lanjut ini di kota kelahiran mereka.

Pendaftaran - Biaya Kuliah UNILA (Universitas Lampung)

Mengemban tugas sebagai pencetak generasi muda yang berprestasi di kota Lampung, UNILA terus memperbaiki standar pendidikan bagi para mahasiswa. Pada awalnya, UNILA hanya memiliki 5 fakultas saja. Namun kini di UNILA sudah memiliki 8 fakultas. Setiap fakultas memiliki program studi lebih dari 1, kecuali untuk Fakultas Hukum dan Kedokteran. Hal inilah yang membedakan besarnya biaya kuliah Universitas Lampung.

Penerimaan mahasiswa baru UNILA, tahun ini akan diselenggarakan. Untuk menyaring calon siswa berprestasi pihak Perguruan Tinggi telah menetapkan beberapa jalur penerimaan maba. Pertama adalah jalur SNMPTN dan Bidikmisi yang dapat dimanfaatkan oleh para calon maba yang memiliki nilai rapor yang sangat baik dan stabil semasa SMA namun tidak memiliki biaya kuliah. Jika calon maba lolos seleksi ini, akan mendapatkan fasilitas penangguhan biaya kuliah UNILA, dimana pendanaan akan dibiayai pemerintah.

Bukan hanya pendanaan dalam biaya kuliah UNILA yang akan ditangguhkan. Namun juga biaya lainnya selama mahasiswa  tersebut mampu mempertahankan prestasi IPK sesuai yang ditetapkan pihak kampus. Kedua adalah jalur SBMPTN. Jalur ini hampir sama seperti SNMPTN, hanya saja calon maba harus melakukan seleksi tulis terlebih dahulu. Penilaian kelulusan melalui jalur seleksi ini juga dipengaruhi oleh nilai rapor siswa dan juga nilai tes tulis. Biaya kuliah Universitas Lampung bagi mahasiswa yang lolos seleksi jalur ini, cenderung sedikit lebih mahal dari SNMPTN.

Biaya Kuliah UNILA Universitas Lampung

Biaya UKT UNILA (Universitas Lampung)

Biaya Kulian UKT UNILA Biaya Kulian UKT UNILA

Pendaftaran Online UNILA (Universitas Lampung)

Berkat perkembangan teknologi informasi kini pendaftaran online UNILA untuk seleksi mahasiswa baru bisa dilakukan dengan mudah, anda bisa melakukan pendaftaran melalui berbagai perangkat yang bisa terhubung dengan internet. Bagi anda yang ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi secara umum ada 4 jalur seleksi masuk perguruan tinggi yang ada di Indonesia, yaitu SNMPTN, SBMPTN, UM PTKIN dan Seleksi Masuk UNILA Jalur Mandiri.

Berikut kata kunci yang sering dibutuhkan oleh calon mahasiswa UNILA : PMB UNILA, Pendaftaran UNILA Online, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNILA, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNILA, Pendaftaran Diploma / Sarjana / Pascasarjana UNILA, Pendaftaran Kuliah UNILA, Jalur SNMPTN, Jalur SBMPTN, Jalur UM UNILA.

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)

Pendaftaran online SNMPTN bisa diakses melalui http://snmptn.ac.id/. Pendaftaran SNMPTN biasanya dimulai pada bulan Feabruari – Maret setiap tahunnya. Seleksi melalui SNMPTN ini hanya berdasarkan nilai rapor dari siswa selama menempuh pendidikan di tingkat MA/SMA/SMK .

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)

Pendaftaran online SBMPTN bisa diakses melalui http://sbmptn.ac.id/. Pendaftaran SBMPTN biasanya dimulai pada bulan April – Mei setiap tahunnya. Seleksi melalui SBMPTN berbeda dengan SNMPTN, pada seleksi SBMPTN calon mahasiswa harus mengikuti ujian tulis yang bisa ditentukan sendiri oleh calon mahasiswa yang dengan memilih PBT (Paper Based Test) atau CBT (Computer Based Test).

Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM PTKIN)

Pendafataran online UM PTKIN bisa diakses melalui http://um-ptkin.ac.id/.  Pendafataran UM PTKIN hanya tersedia untuk universitas negeri dibawah naungan Kementerian Agama Republik indonesia. Sehingga hanya calon mahasiswa yang memilih ingin masuk pada jurusan yang bernafaskan Islam saja yang bisa mengikuti seleksi ini.

Seleksi Mandiri Masuk UNILA

Seleksi Jalur Mandiri Di UNILA secara umum telah ditentukan oleh pihak kampus sendiri, mengenai standar calon mahasiswa yang akan diterima atau ditolak, tentunya juga berbeda dibanding dengan jalur seleksi seperti SNMPTN dan SBMPTN.  Waktu pendaftaran ujian masuk mandiri dari setiap kampus tentu berbeda – beda. Untuk mengakses pendaftaran online seleksi mandiri di UNILA anda bisa mengakses laman web http://simanila.unila.ac.id/.

Nah, untuk jalur seleksi yang terakhir yang dapat dipilih oleh calon maba adalah Jalur mandiri. Peserta test akan dikenakan biaya pendaftaran formulir test. Jalur ini merupakan jalur yang paling mudah ditempuh karena berskala umum dan tidak dipengaruhi oleh nilai rapor sewaktu SMA. Namun biaya kuliah UNILA melalui jalur mandiri jauh lebih mahal dari SBMPTN. Karena seperti namanya mandiri, sehingga peserta tidak mendapatkan penangguhan biaya dari pemerintah.