Pendaftaran – Biaya Kuliah UNAND Universitas Andalas 2019/2020

Pendaftaran Online – Biaya Kuliah UNAND Universitas Andalas – Universitas Andalas merupakan salah satu perguruan tinggi tertua yang berada di luar Jawa. Biaya kuliah UNAND yang dibebankan pada mahasiswanya tidak beda jauh dengan perguruan tinggi negeri yang lain. Terlepas dari biaya, usianya yang telah separuh abad lebih mematangkan sejumlah hal yang berkaitan dengan pelaksanaan perkuliahan. Salah satu hal yang cukup berbeda dengan yang lain adalah dengan dimilikinya Karakter Andalasian yang dijadikan landasan pembentukan karakter mahasiswa.

UNAND diresmikan pada 13 September 1956 oleh Wakil Presiden kala itu, yakni Drs. Mohammad Hatta. Proses panjang pun harus dilalui dalam pendirian universitas ini. Meski sejak abad ke-20 masyarakat Sumatera Barat telah berkeinginan untuk mendirikan sebuah perguruan tinggi, kondisi yang belum memungkinkan pun harus membuat pendirian tersebut tertunda cukup lama. Hingga pada akhirnya tahun 1948 mulai terlihat jalan terang menuju pendirian sebuah perguruan tinggi untuk memberikan pendidikan yang layak bagi bangsa Indonesia.

Pendaftaran - Biaya Kuliah UNAND (Universitas Andalas)

Kini, UNAND merupakan salah satu universitas kebanggaan masyarakat Sumatera. Sebagai sebuah perguruan tinggi negeri dengan banyak jurusan, biaya kuliah Universitas Andalas bisa berbeda di masing-masing jurusan. Sebelum kita membahasnya, mari simak jalur pendaftaran yang dibuka oleh UNAND. Secara umum, kampus ini memberikan jalur nasional dan juga jalur mandiri dalam penerimaan mahasiswa. SNMPTN dan SBMPTN adalah dua jalur nasional yang tak berbeda dari kampus negeri lainnya. Untuk jalur mandiri, terdapat Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN).

Seperti yang kita ketahui bersama, SNMPTN dan SBMPTN adalah seleksi yang dilakukan serempak di seluruh Indonesia. SNMPTN merupakan jalur non tes karena hanya menggunakan rapor semata. Sedangkan SBMPTN dan SMMPTN merupakan jalur tes. Dahulu, biaya kuliah UNAND mengharuskan mahasiswanya untuk membayar biaya yang tidak sedikit di awal sebagai biaya sumbangan pembangunan.

Namun, sejak pemerintah menetapkan sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT) pada tahun 2013, pihak kampus pun menetapkan biaya pendidikan berdasarkan UKT ini. Oleh sebab itu, kini biaya pendidikan dibayarkan sama rata tiap semesternya. Penetapan UKT mahasiswa pun diperoleh dari penggolongan yang didapatkan dari isian yang telah diisi mahasiswa pada awal registrasi.

Jika Anda masih merasa bahwa biaya kuliah UNAND yang ada tersebut cukup tinggi, Anda dapat mengajukan beasiswa bidikmisi. Beasiswa ini diperuntukkan bagi mahasiswa kurang mampu yang berprestasi. Untuk mendapatkan beasiswa lainnya, Anda akan mendapatkan informasi seputar beasiswa dengan mudah jika rajin mengikuti informasi di kampus. Sebagai gambaran, berikut disertakan tabel biaya pendidikan di Universitas Andalas.

Biaya Kuliah UNAND Universitas Andalas

Biaya UKT UNAND (Universitas Andalas)

Biaya Kuliah UKT UNAND Biaya Kuliah UKT UNAND

Pendaftaran Online UNAND (Universitas Andalas)

Berkat perkembangan teknologi informasi kini pendaftaran online UNAND untuk seleksi mahasiswa baru bisa dilakukan dengan mudah, anda bisa melakukan pendaftaran melalui berbagai perangkat yang bisa terhubung dengan internet. Bagi anda yang ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi secara umum ada 4 jalur seleksi masuk perguruan tinggi yang ada di Indonesia, yaitu SNMPTN, SBMPTN, UM PTKIN dan Seleksi Masuk UNAND Jalur Mandiri.

Berikut kata kunci yang sering dibutuhkan oleh calon mahasiswa UNAND : PMB UNAND, Pendaftaran UNAND Online, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNAND, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNAND, Pendaftaran Diploma / Sarjana / Pascasarjana UNAND, Pendaftaran Kuliah UNAND, Jalur SNMPTN, Jalur SBMPTN, Jalur UM UNAND.

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)

Pendaftaran online SNMPTN bisa diakses melalui http://snmptn.ac.id/. Pendaftaran SNMPTN biasanya dimulai pada bulan Feabruari – Maret setiap tahunnya. Seleksi melalui SNMPTN ini hanya berdasarkan nilai rapor dari siswa selama menempuh pendidikan di tingkat MA/SMA/SMK .

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)

Pendaftaran online SBMPTN bisa diakses melalui http://sbmptn.ac.id/. Pendaftaran SBMPTN biasanya dimulai pada bulan April – Mei setiap tahunnya. Seleksi melalui SBMPTN berbeda dengan SNMPTN, pada seleksi SBMPTN calon mahasiswa harus mengikuti ujian tulis yang bisa ditentukan sendiri oleh calon mahasiswa yang dengan memilih PBT (Paper Based Test) atau CBT (Computer Based Test).

Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM PTKIN)

Pendafataran online UM PTKIN bisa diakses melalui http://um-ptkin.ac.id/.  Pendafataran UM PTKIN hanya tersedia untuk universitas negeri dibawah naungan Kementerian Agama Republik indonesia. Sehingga hanya calon mahasiswa yang memilih ingin masuk pada jurusan yang bernafaskan Islam saja yang bisa mengikuti seleksi ini.

Seleksi Mandiri Masuk UNAND

Seleksi Jalur Mandiri Di UNAND secara umum telah ditentukan oleh pihak kampus sendiri, mengenai standar calon mahasiswa yang akan diterima atau ditolak, tentunya juga berbeda dibanding dengan jalur seleksi seperti SNMPTN dan SBMPTN.  Waktu pendaftaran ujian masuk mandiri dari setiap kampus tentu berbeda – beda. Untuk mengakses pendaftaran online seleksi mandiri di UNAND anda bisa mengakses laman web http://pmb.unand.ac.id/.

Biaya kuliah UNAND nantinya akan didapatkan setelah mahasiswa dinyatakan diterima dan diharuskan untuk melakukan registrasi. Dalam registrasi, mahasiswa baru harus mengisikan sejumlah data yang nantinya akan dijadikan patokan dalam besarnya biaya kuliah Universitas Andalas yang wajib dibayarkan per semesternya.