Pendaftaran – Biaya Kuliah UGM Universitas Gadjah Mada

Pendaftaran – Biaya Kuliah UGM Universitas Gadjah Mada

Pendaftaran Online – Biaya Kuliah UGM Universitas Gadjah Mada – Universitas Gadjah Mada (UGM) merupakan salah satu perguruan tinggi negeri tertua yang ada di Indonesia. Biaya kuliah UGM pun dikenal akan biaya yang dapat menjangkau semua kalangan rakyat. Segala kalangan rakyat pun dapat berkuliah di sini sehingga kampus ini mendapat julukan kampus rakyat. Sejak dulu, kampus ini juga dikenal menjadi kampus impian banyak orang. Tak sedikit lulusan UGM menjadi tokoh-tokoh yang memiliki jabatan penting di Indonesia. Universitas yang resmi didirikan pada 19 Desember 1949 ini merupakan universitas yang bersifat nasional. Sebagai kampus tertua di Indonesia, UGM mengemban tugas sebagai pengemban Pancasila dan juga universitas pembina bagi kampus-kampus lainnya.

Kampus ini juga berlandaskan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang terdiri atas Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat. Di universitas ini, pengembangan kreativitas dan inovasi secara besar-besaran digencarkan untuk setiap mahasiswa dalam bidangnya masing-masing. Dengan biaya kuliah UGM yang dibayarkan oleh mahasiswanya, pihak universitas pun mendukung penuh semua kegiatan positif mahasiswa. UGM pun memberikan dukungan penuh terhadap sejumlah penelitian yang digagas oleh mahasiswa mengingat kampus ini juga dijuluki sebagai universitas riset.  Karenanya, terdapat 25 pusat studi penelitian terkait sejumlah bidang keilmuan.

Pendaftaran Online - Biaya Kuliah UGM (Universitas Gadjah Mada)

Sebagai sebuah universitas yang tak diragukan lagi prestasinya, UGM memiliki komitmen kerakyatan dan salah satunya dituangkan dalam penerjunan kuliah kerja nyata (KKN) di seluruh penjuru Indonesia. Kerakyatan yang diusung pun menjadikan biaya kuliah Universitas Gadjah Mada menyesuaikan dengan kondisi rakyat. Seperti yang telah disebutkan, penyesuaian pembayaran biaya pendidikan dilakukan agar biaya kuliah UGM dapat meringankan siapa saja. Sebelum kita membahas mengenai biaya perkuliahan, ada baiknya mengetahui tentang penerimaan mahasiswa yang diselenggarakan oleh pihak kampus.

UGM memiliki 18 fakultas, 1 sekolah vokasi, dan 1 sekolah pascasarjana yang kesemuanya dibuka guna memberikan kesempatan bagi siapapun menjadi civitas akademika kampus tersohor ini. Jalur masuk yang disediakan adalah jalur SNMPTN, SBMPTN, Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu (PBUTM), Ujian Tulis UGM, hingga Seleksi Program Internasional. Biaya kuliah Universitas Gadjah Mada pun akan ditentukan melalui jalur seleksi yang telah ditetapkan.

Terkait dengan biaya pendidikan, UGM telah menerapkan Uang Kuliah Tunggal (UKT) seperti yang telah ditetapkan oleh pemerintah Indonesia sejak tahun 2013 lalu. Karenanya, mulai dari tahun 2013 dan seterusnya, sistem pembayaran ini akan ditetapkan. Penetapan ini pun didasarkan pada kondisi finansial orang tua atau wali mahasiswa. UKT merupakan sistem pembayaran yang terbagi ke dalam sejumlah golongan.

Golongan ini telah ditentukan oleh pihak kampus sebelumnya. Untuk mengetahui golongan UKT, mahasiswa akan diberikan form pengisian pada saat melakukan registrasi di awal menjadi mahasiswa baru. Form ini akan mendata sejumlah aset yang dimiliki oleh orang tua atau wali. Dari data tersebut, biaya kuliah UGM dapat ditentukan kemudian.

Biaya Kuliah UGM Universitas Gadjah Mada

Biaya UKT UGM (Universitas Gadjah Mada)

Biaya Kuliah UKT UGM

Biaya Kuliah UKT UGM

Biaya UKT Vokasi UGM (Universitas Gadjah Mada)

Biaya Kuliah UKT Vokasi UGM

Pendaftaran Online UGM (Universitas Gadjah Mada)

Berkat perkembangan teknologi informasi kini pendaftaran online UGM untuk seleksi mahasiswa baru bisa dilakukan dengan mudah, anda bisa melakukan pendaftaran melalui berbagai perangkat yang bisa terhubung dengan internet. Bagi anda yang ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi secara umum ada 4 jalur seleksi masuk perguruan tinggi yang ada di Indonesia, yaitu SNMPTN, SBMPTN, UM PTKIN dan Seleksi Masuk UGM Jalur Mandiri.

Berikut kata kunci yang sering dibutuhkan oleh calon mahasiswa UGM : PMB UGM, Pendaftaran UGM Online, Pendaftaran Mahasiswa Baru UGM, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UGM, Pendaftaran Diploma / Sarjana / Pascasarjana UGM, Pendaftaran Kuliah UGM, Jalur SNMPTN, Jalur SBMPTN, Jalur UM UGM.

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)

Pendaftaran online SNMPTN bisa diakses melalui http://snmptn.ac.id/. Pendaftaran SNMPTN biasanya dimulai pada bulan Feabruari – Maret setiap tahunnya. Seleksi melalui SNMPTN ini hanya berdasarkan nilai rapor dari siswa selama menempuh pendidikan di tingkat MA/SMA/SMK .

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)

Pendaftaran online SBMPTN bisa diakses melalui http://sbmptn.ac.id/. Pendaftaran SBMPTN biasanya dimulai pada bulan April – Mei setiap tahunnya. Seleksi melalui SBMPTN berbeda dengan SNMPTN, pada seleksi SBMPTN calon mahasiswa harus mengikuti ujian tulis yang bisa ditentukan sendiri oleh calon mahasiswa yang dengan memilih PBT (Paper Based Test) atau CBT (Computer Based Test).

Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM PTKIN)

Pendafataran online UM PTKIN bisa diakses melalui http://um-ptkin.ac.id/.  Pendafataran UM PTKIN hanya tersedia untuk universitas negeri dibawah naungan Kementerian Agama Republik indonesia. Sehingga hanya calon mahasiswa yang memilih ingin masuk pada jurusan yang bernafaskan Islam saja yang bisa mengikuti seleksi ini.

Seleksi Mandiri Masuk UGM

Seleksi Jalur Mandiri Di UGM secara umum telah ditentukan oleh pihak kampus sendiri, mengenai standar calon mahasiswa yang akan diterima atau ditolak, tentunya juga berbeda dibanding dengan jalur seleksi seperti SNMPTN dan SBMPTN.  Waktu pendaftaran ujian masuk mandiri dari setiap kampus tentu berbeda – beda. Untuk mengakses pendaftaran online seleksi mandiri di UGM anda bisa mengakses laman web http://um.ugm.ac.id/.

Berikut kami juga hadirkan informasi terkait biaya kuliah lainnya dari universitas negeri yang ada di DI Yogyakarta, seperti biaya kuliah UNY, biaya kuliah UGM dan biaya kuliah UIN Yogyakarta.