Pendaftaran – Biaya Kuliah STKS Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial 2019/2020

Pendaftaran – Biaya Kuliah STKS Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial – Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial (STKS) Bandung didirikan pada 1 September 1964. Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Sosial RI Nomor Pbs. 1-5-4/5980 tanggal 20 Desember 1964 untuk menyelenggarakan pendidikan Sarjana Muda Lengkap maka Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial (STKS) Bandung berdiri sebagai peningkatan dari Kursus Kejuruan Sosial Tingkat Tinggi (KKST) sejak tahun 1964.

Lalu berdasarkan Surat Keputusan Menteri Sosial RI Nomor PTS.1-1-22/1975 tanggal 15 Juli 1966 penyelenggaraan pendidikan Sarjana Muda Lengkap ditingkatkan menjadi pendidikan Sarjana Lengkap dengan gelar Sarjana Kesejahteraan Sosial. Pada tahun 1985 STKS Bandung selain menyelenggarakan pendidikan jenjang S-1 juga menyelenggarakan jenjang Diploma-III, dan program pendidikan DiplomaIV Pekerjaan Sosial dimulai.

Pendaftaran - Biaya Kuliah STKS Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial

Berdasarkan persetujuan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional No.855/D/T/2000 tanggal 13 April 2000, STKS membuka Program Studi Pengembangan Sosial Masyarakat dan Rehabilitasi Sosial. Keberadaan STKS Bandung diperkuat dengan Keputusan Presiden RI Nomor 14 Tahun 2001 tanggal 18 Januari 2001 tentang Pendirian Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial Bandungdan Keputusan Menteri Sosial RI Nomor 08 Tahun 2013, dan Peraturan Menteri Sosial RI Nomor: 51/HUK/2006 tentang Statuta STKS Bandung.

Disamping itu, berdasarkan Surat Persetujuan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional RI Nomor: 15/D/T/05 tanggal 10 Januari 2005, mulai Tahun Akademik 2006/2007 Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial (STKS) Bandung menyelenggarakan Program Studi Spesialis-1 (Sp-1) Pekerjaan Sosial. Program ini meliputi dua konsentrasi yaitu Konsentrasi Pekerjaan Sosial Klinis dan Konsentrasi Pekerjaan Sosial Komunitas.

Mulai tahun 2015 dua konsentrasi dan spesialisasi tersebut terintegrasi menjadi enam Program Studi yaitu Pekerja Sosial Pelayanan Anak, Pekerja Sosial Pelayanan Disabilitas, Pekerja Sosial Pelayanan Kebencanaan, Pekerja Sosial Pelayanan Kemiskinan, Pekerja Sosial Pelayanan Medis dan Pekerja Sosial Penanganan Narkoba.

STKS merupakan Perguruan Tinggi Kedinasan yang langsung dinaungi oleh Kementrian Sosial. Sebagai Sekolah tinggi yang menerapkan ilmu Terapan sebagai landasan dalam perkuliahan menjadikan praktik dan teori sebesar 60% praktik dan 40% teori. Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial (STKS) Bandung menyelenggarakan program pendidikan Diploma IV Pekerjaan Sosial dan Program Pascasarjana Spesialis Pekerjaan Sosial.

STKS juga mengajarkan kepada mahasiswa beberapa terapi psikososial seperti Konseling, Self Help Group(kelompok bantu diri), Nourishment, bangku kosong, Hipno sistemik terapi, Visualisasi, terapi realita, dan proyeksi waktu. Dengan banyaknya materi tersebut sangat bisa dimanfaatkan sebaik mungkin oleh para mahasiswa STKS untuk mengembangkan potensi diri di bidang akademik dan keterampilan.

Biaya Kuliah STKS Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial

Pendaftaran - Biaya Kuliah STKS Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial

Pendaftaran Online STKS Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial

STKS membuka kesempatan bagi pendaftar yang dibedakan menjadi 4 (empat) jalur pendaftaran yaitu:

  1. PENDAFTAR TUGAS BELAJAR

Pendaftar Tugas Belajar adalah pendaftar yang merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN) atau pegawai swasta yang dibiayai oleh instansi pengirim.

  1. PENDAFTAR KERJA SAMA

Pendaftar Kerja Sama adalah pendaftar yang berasal dari instansi yang bekerja sama dengan STKS Bandung dan diusulkan oleh Pemerintah Daerah atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) (daftar instansi kerja sama dapat dilihat di pmb.stks.ac.id)

  1. PENDAFTAR MANDIRI

Pendaftar Mandiri adalah pendaftar yang berasal dari Sekolah Menengah Atas (SAAA), Madrasah Aliyah (MA), dan SMK jurusan Pekerjaan Sosial/ Perawatan Sosial dengan biaya sendiri.

  1. PENDAFTAR LAYANAN KHUSUS

Pendaftar Layanan Khusus adalah pendaftar penyandang disabilitas netra dan disabilitas tubuh yang berasal dari Sekolah Menengah Atas (SAAA), Madrasah Aliyah (AAA), dan SMK jurusan Pekerjaan Sosial/Perawatan Sosial.

Beasiswa Kuliah STKS Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial

  1. Beasiswa Prestasi

Beasiswa ini deberikan kepada mahasiswa yang memiliki prestasi baik di bidang akedemik (masuk rangking 10 besar di kelas) maupun non akademik (bidang seni, bahasa, olahraga, organisasi, dll) dibuktikan dengan sertifikat atau piagam penghargaan minimal tingkat sekolah di cantumkan pada saat pengiriman berkas pada proses pendaftaran Mahasiswa Baru STKS Bandung.

Jika mendapatkan beasiswa ini, nantinya setiap semester mahasiswa beasiswa prestasi harus mempertahanan IP nya minimal 3.5. Jika IP nya turun beasiswa nya bisa dicabut loh genks dan status mahasiswa nya berubah menjadi mahasiswa mandiri alias berbayar. Selain di gratiskan biaya masuk dan persemester nya (100% FREE) mahasiswa nya juga mendaptkan uang saku 750 Ribu per bulan.

  1. Beasiswa Bantuan Pendidikan

Beasiswa ini deberikan kepada mahasiswa yang memiliki keterbatasan ekonomi tetapi memiliki semangat belajar yang tinggi dan prestasi yang baik pula. pada saat mengirimkan berkas pendaftaran mencantumkan SKTM (Surat Keterangan Tidak mampu) dari desa atau kecamatan setempat. batas IP minimal tiap semester 3.25 genks dan mendatkan keuntungan gratis biaya masuk dan persemester  (100% FREE) serta mendapatkan uang saku 750 ribu perbulan.

  1. Beasiswa Kerja Sama

Beasiswa ini diperuntungkan untuk calon mahasiswa STKS khusus dari SMK (dulu SMPS) yang memiliki jurusan relevan dengan STKS (Pekerjaan Sosial) jadi yang dari SMA mah gak bisa apply beasiswa ini heehee. keuntungan yang didapat sama dengan dua beasiswa sebelumnya yaitu Free 100% dan mendapatkan Uang Saku 750 Ribu Perbulan dengan IP persemester min 3.25.

  1. Beasiswa Izin Belajar/Tugas Belajar

Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa atau calon mahasiswa dari pemda setempat yang memiliki kerja sama (MoU) dengan STKS gitu genks seperti mahasiswa dari Gorontalo dan Nias. mahasiswa ini juga digratiskan 100% biaya kuliah dan mendapatkan uang saku yang sama dengan batas IP min 3.25.

  1. Beasiswa Layanan Khusus 

Beasiswa yang satu ini diberikan kepada calon mahasiswa yang memiliki (maap) keterbatasan fisik genks seperti mahasiswa tuna netra. ditunjang dengan fasilitas fasilitas khusu juga loh genks jadi jangan takut 🙂 tetep akan diperlakukan sama kok 🙂 mahasiswa ini juga digratiskan seluruh biaya kuliah dan mendapatkan uang saku 750 ribu perbulan dengan batas IP min 3.25.