Pendaftaran – Biaya Kuliah POLSRI Politeknik Negeri Sriwijaya 2019/2020

Pendaftaran Online – Biaya Kuliah POLSRI Politeknik Negeri Sriwijaya – Politeknik Negeri Sriwijaya, yang berada di kota Palembang, Sumatera Selatan, merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang ada di Indonesia. Sebelum membahas tentang biaya kuliah POLSRI, ada baiknya menyimak tentang sejarah singkat PTN yang dulunya bernama  Politeknik Universitas Sriwijaya ini.  POLSRI diresmikan pada 20 September 1982 dengan hanya memiliki dua jurusan yaitu jurusan Teknik Sipil dan jurusan Teknik Mesin. Besar daya tampung POLSRI pada waktu itu hanya 576 orang mahasiswa maksimal.

POLSRI membuka jurusan baru di tahun 1986, yaitu Jurusan Tata Niaga dengan dua konsentrasi, Administrasi dan Akuntansi. Disusul program studi bidang rekayasa pada tahun 1987, yaitu prodi elektronika, telekomunikasi, teknik kimia dan industri yang dibantu oleh tenaga ahli dari Swiss Contact. Pada tahun 1992 ada pemecahan Jurusan Tata Niaga menjadi dua, yaitu Jurusan Administrasi Niaga dan jurusan Akuntansi. Bantuan tenaga ahli untuk bidang tata niaga berasal dari Australia. Dengan banyaknya jurusan akan membuat variasi besaran biaya kuliah POLSRI.

Pendaftaran - Biaya Kuliah POLSRI (Politeknik Negeri Sriwijaya)

Politeknik Negeri Sriwijaya merupakan salah satu dari sekian banyak PTN yang menerapkan seleksi masuk calon mahasiswa baru dengan jalur terbanyak, yaitu delapan jalur. Metode penerimaan tersebut meliputi jalur Jalur UMPN, PMDK-PN, Bidikmisi, Jalur Kerjasama dengan PT.PLN, Program Studi Di Luar Domisili, Ujian Masuk Mandiri, Alih Jenjang, Kerjasama GMF. Perbedaan jalur ini akan mempengaruhi perbedaan biaya kuliah Politeknik Negeri Sriwijaya.

Jalur UMPN atau Ujian Masuk Politeknik Negeri merupakan pola ujian tulis yang dilakukan serentak se-Indonesia yang diselenggarakan oleh seluruh Politeknik Negeri. Sistemnya hampir sama dengan SBMPTN yang dilakukan oleh universitas. Sedangkan jalur lainnya kerja sama seperti PMDK-PN, Bidikmisi, kerjasama dengan PT. PLN dan GMF merupakan jalur yang menerapkan sistem seleksi akademik.

Perbedaan biaya pendaftaran juga masuk dalam biaya kuliah POLSRI yang bisa dijadikan pertimbangan sebelum memilih jalur masuk dan juga program studi. Setiap jalur penerimaan juga menerapkan persyaratan serta cara seleksi yang berbeda. Ada yang menggunakan jalur tes dan ada pula yang menggunakan seleksi nilai akademik. Untuk mahasiswa yang masuk lewat jalur bidikmisi maka akan dibebaskan biaya kuliah Politeknik Negeri Sriwijaya karena memang ini merupakan jalur beasiswa yang seleksinya dilakukan pada saat berada di bangku sekolah menengah atas.

Biaya Kuliah POLSRI Politeknik Negeri Sriwijaya

Biaya UKT POLSRI (Politeknik Negeri Sriwijaya)

Biaya Kuliah UKT POLSRI

Pendaftaran Online POLSRI (Politeknik Negeri Sriwijaya)

Berkat perkembangan teknologi informasi kini pendaftaran online POLSRI untuk seleksi mahasiswa baru bisa dilakukan dengan mudah, anda bisa melakukan pendaftaran melalui berbagai perangkat yang bisa terhubung dengan internet. Bagi anda yang ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi secara umum ada 4 jalur seleksi masuk perguruan tinggi yang ada di Indonesia, yaitu SNMPTN, SBMPTN, UM PTKIN dan Seleksi Masuk POLSRI Jalur Mandiri.

Berikut kata kunci yang sering dibutuhkan oleh calon mahasiswa POLSRI : PMB POLSRI, Pendaftaran POLSRI Online, Pendaftaran Mahasiswa Baru POLSRI, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru POLSRI, Pendaftaran Diploma / Sarjana / Pascasarjana POLSRI, Pendaftaran Kuliah POLSRI, Jalur SNMPTN, Jalur SBMPTN, Jalur UM POLSRI.

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)

Pendaftaran online SNMPTN bisa diakses melalui http://snmptn.ac.id/. Pendaftaran SNMPTN biasanya dimulai pada bulan Feabruari – Maret setiap tahunnya. Seleksi melalui SNMPTN ini hanya berdasarkan nilai rapor dari siswa selama menempuh pendidikan di tingkat MA/SMA/SMK .

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)

Pendaftaran online SBMPTN bisa diakses melalui http://sbmptn.ac.id/. Pendaftaran SBMPTN biasanya dimulai pada bulan April – Mei setiap tahunnya. Seleksi melalui SBMPTN berbeda dengan SNMPTN, pada seleksi SBMPTN calon mahasiswa harus mengikuti ujian tulis yang bisa ditentukan sendiri oleh calon mahasiswa yang dengan memilih PBT (Paper Based Test) atau CBT (Computer Based Test).

Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM PTKIN)

Pendafataran online UM PTKIN bisa diakses melalui http://um-ptkin.ac.id/.  Pendafataran UM PTKIN hanya tersedia untuk universitas negeri dibawah naungan Kementerian Agama Republik indonesia. Sehingga hanya calon mahasiswa yang memilih ingin masuk pada jurusan yang bernafaskan Islam saja yang bisa mengikuti seleksi ini.

Ujian Masuk Politeknik Negeri (UMPN)

Pendafataran UMPN hanya tersedia untuk Politeknik Negeri di seluruh Indonesia, dan dilakukan secara serempak di seluruh Indonesia.

Seleksi Mandiri Masuk POLSRI

Seleksi Jalur Mandiri Di POLSRI secara umum telah ditentukan oleh pihak kampus sendiri, mengenai standar calon mahasiswa yang akan diterima atau ditolak, tentunya juga berbeda dibanding dengan jalur seleksi seperti SNMPTN dan SBMPTN.  Waktu pendaftaran ujian masuk mandiri dari setiap kampus tentu berbeda – beda. Untuk mengakses pendaftaran online seleksi mandiri di POLSRI anda bisa mengakses laman web http://www.polsri.ac.id.

Besaran biaya pendidikan program Diploma, Sarjana Terapan dan Reguler tentu berbeda. Selain itu, seperti yang dibahas di atas, perbedaan juga terjadi karena jalur masuk yang ditempuh. Namun untuk kuliah reguler, atau S1, ptn ini menerapkan biaya kuliah POLSRI dengan sistem Uang Kuliah Tunggal atau UKT yang besarnya sama tiap program studi. Uang kuliah ini dibayarkan tiap awal semester dengan besaran yang berbeda tiap semesternya.