Pendaftaran – Biaya Kuliah ITB Institut Teknologi Bandung

Pendaftaran – Biaya Kuliah ITB Institut Teknologi Bandung

Pendaftaran Online – Biaya Kuliah ITB Institut Teknologi Bandung – Siapa yang tidak kenal dengan ITB? Institut Teknologi Bandung merupakan salah satu Perguruan Tinggi di kota Bandung yang memiliki kredibilitas besar bagi Indonesia. Bahkan Presiden Pertama Indonesia Ir. Soekarno adalah salah satu alumni terbaik dari ITB. Karena nama besar ITB tersebut muncul rumor bahwa Biaya Kuliah ITB cukup besar dibandingkan dengan Perguruan Tinggi Negeri yang lainnya. Meskipun begitu, peminat calon mahasiswa baru untuk bergabung menjadi anggota besar Institut Teknologi Bandung masih cukup tinggi.

Perguruan Tinggi Negeri ini tidak berdiri langsung dengan menggunakan nama Institut Teknologi Bandung dari awal. Ada sekitar enam kali pergantian nama hingga menjadi ITB. Perjalanan ITB dimulai sejak tahun 1920 dengan nama Technische Hogeschool (TH) yang diresmikan oleh pemerintah Belanda. Kemudian pada tahun 1944 oleh pemerintah Jepang diganti dengan nama BKD atau Bandung Kogyo Daigaku. Tahun 1945 diganti lagi dengan nama Sekolah Tinggi Teknik. STT ini pindah ke kota Yogyakarta dengan nama STT Bandung di Jogja. Pada masa sekarang ini STT Bandung di Jogja menjadi Universitas Gajah Mada.

Pendaftaran - Biaya Kuliah ITB (Institut Teknologi Bandung)

Setelah itu ITB sempat menjadi bagian dari Universitas Indonesia yaitu sebagai Fakultas Teknik dan Fakultas Ilmu Pasti & Ilmu Alam hingga pada tahun 2000 mulai berubah nama menjadi ITB. Melihat sudah hampir 100 tahun perjalanan maka wajar saja jika Biaya Kuliah ITB sedikit lebih mahal. Biaya Kuliah Institut Teknologi Bandung memang terhitung cukup mahal yaitu hingga 40 juta rupiah per semester. Tentu saja angka ini adalah angka tertinggi dari Biaya Kuliah ITB. Perhitungan jumlah biaya UKT bukan berdasarkan golongan seperti PTN lain. ITB memang sudah menerapkan sistem Uang Kuliah Tunggal sejak tahun 2013 lalu.

Penggolongan dalam UKT ITB bukan berdasarkan kemampuan finansial calon mahasiswa baru melainkan dibagi berdasarkan fakultas masing-masing. Sistem UKT ini hanya berlaku bagi mahasiswa program sarjana saja. Bagi mahasiswa Non Sekolah Bisnis dan Manajemen biaya per semesternya adalah 10 juta rupiah. Bagi mahasiswa Sekolah Bisnis dan Manajemen biaya UKT nya adalah 20 juta rupiah. Sedangkan untuk mahasiswa Non Reguler dikenakan biaya 30 juta rupiah hingga 40 juta rupiah per semester.

Biaya Kuliah ITB Institut Teknologi Bandung

Biaya UKT ITB (Institut Teknologi Bandung)

Biaya Kuliah UKT ITB

Biaya Kuliah UKT ITB

Pendaftaran Online ITB (Institut Teknologi Bandung)

Berkat perkembangan teknologi informasi kini pendaftaran online ITB untuk seleksi mahasiswa baru bisa dilakukan dengan mudah, anda bisa melakukan pendaftaran melalui berbagai perangkat yang bisa terhubung dengan internet. Bagi anda yang ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi secara umum ada 4 jalur seleksi masuk perguruan tinggi yang ada di Indonesia, yaitu SNMPTN, SBMPTN, UM PTKIN dan Seleksi Masuk ITB Jalur Mandiri.

Berikut kata kunci yang sering dibutuhkan oleh calon mahasiswa ITB : PMB ITB, Pendaftaran ITB Online, Pendaftaran Mahasiswa Baru ITB, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru ITB, Pendaftaran Diploma / Sarjana / Pascasarjana ITB, Pendaftaran Kuliah ITB, Jalur SNMPTN, Jalur SBMPTN, Jalur UM ITB.

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)

Pendaftaran online SNMPTN bisa diakses melalui http://snmptn.ac.id/. Pendaftaran SNMPTN biasanya dimulai pada bulan Feabruari – Maret setiap tahunnya. Seleksi melalui SNMPTN ini hanya berdasarkan nilai rapor dari siswa selama menempuh pendidikan di tingkat MA/SMA/SMK .

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)

Pendaftaran online SBMPTN bisa diakses melalui http://sbmptn.ac.id/. Pendaftaran SBMPTN biasanya dimulai pada bulan April – Mei setiap tahunnya. Seleksi melalui SBMPTN berbeda dengan SNMPTN, pada seleksi SBMPTN calon mahasiswa harus mengikuti ujian tulis yang bisa ditentukan sendiri oleh calon mahasiswa yang dengan memilih PBT (Paper Based Test) atau CBT (Computer Based Test).

Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM PTKIN)

Pendafataran online UM PTKIN bisa diakses melalui http://um-ptkin.ac.id/.  Pendafataran UM PTKIN hanya tersedia untuk universitas negeri dibawah naungan Kementerian Agama Republik indonesia. Sehingga hanya calon mahasiswa yang memilih ingin masuk pada jurusan yang bernafaskan Islam saja yang bisa mengikuti seleksi ini.

Seleksi Mandiri Masuk ITB

Seleksi Jalur Mandiri Di ITB secara umum telah ditentukan oleh pihak kampus sendiri, mengenai standar calon mahasiswa yang akan diterima atau ditolak, tentunya juga berbeda dibanding dengan jalur seleksi seperti SNMPTN dan SBMPTN.  Waktu pendaftaran ujian masuk mandiri dari setiap kampus tentu berbeda – beda. Untuk mengakses pendaftaran online seleksi mandiri di ITB anda bisa mengakses laman web http://usm.itb.ac.id/wp/.

Bagi mahasiswa yang memiliki kekurangan dalam bidang ekonomi maka ITB menyediakan fasilitas bantuan Biaya Kuliah Institut Teknologi Bandung. Bantuan ini adalah bantuan dana dari pemerintah dengan program bidikmisi. Program bantuan bidikmisi ini hanya dapat diperoleh bagi mahasiswa yang diterima di Institut Teknologi Bandung dari jalur SNMPTN dan SBMPTN saja. Bagi mahasiswa di luar seleksi jalur tersebut tidak bisa mengajukan bantuan dalam bentuk apapun. Bagi mahasiswa yang mendapatkan bidikmisi maka seluruh Biaya Kuliah ITB akan ditanggung pemerintah.