Pendaftaran – Biaya Kuliah ISI Institut Seni Indonesia Solo 2019/2020

Pendaftaran Online – Biaya Kuliah ISI Institut Seni Indonesia Solo – ISI (Institut Seni Indonesia) Surakarta adalah salah satu perguruan tinggi negeri  yang fokus dalam bidang kesenian. Awalnya bernama STSI (Sekolah Tinggi Seni Indonesia), tahun 2006 diubah menjadi ISI. Biaya kuliah ISI Surakarta menerapkan sistem UKT (Uang Kuliah Tunggal) dengan  tujuh macam golongan yaitu golongan satu sampai tujuh.  Kampus ISI Surakarta mempunyai 2 fakultas yakni seni pertunjukan disebut FSP serta seni rupa dan desain disingkat menjadi FSRD. Pada fakultas seni pertunjukan memiliki 4 Jurusan yaitu etnomusikologi, seni karawitan, seni tari dan seni pedalangan. Sedangkan, untuk fakultas seni rupa dan desain juga memiliki 4 program studi antara lain program studi televisi dan film, desain interior, seni kriya dan seni rupa murni.

ISI Surakarta mempunyai 2 kampus yakni terdiri dari kampus lama yang berada di Kentingan, Solo dan kampus yang baru terletak di Mojosongo. Kedua kampus tersebut masih berada di provinsi yang sama yaitu Jawa Tengah. Untuk bisa menjadi mahasiswa ISI Surakarta dapat mendaftar melalui dua jalur yaitu menggunakan nilai rapor atau tanpa tes disebut jalur SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) atau lebih sering dikenal dengan jalur undangan dan yang kedua yaitu jalur ujian tertulis SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) dan Seleksi Mandiri yang diselenggarakan khusus oleh ISI.

Pendaftaran - Biaya Kuliah ISI (Institut Seni Indonesia) Solo

Biaya kuliah ISI Surakarta menggunakan UKT dari golongan satu sampai tujuh. Dengan range biaya berkisar antara Rp 500.000,- sampai Rp 7.000.000,-. Biaya kuliah Institut Seni Indonesia menggunakan UKT yang ditentukan berdasarkan penghasilan orang tua masing-masing mahasiswa. Range biaya UKT untuk setiap jurusan juga tidak sama. Biaya kuliah ISI Suarakarta tidak memungut Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) bagi mahasiswa yang lolos melalui seleksi mandiri. Jadi, semua mahasiswa yang diterima ISI melalui jalur seleksi apapun hanya dikenakan pembayaran biaya UKT saja.

Biaya kuliah Institut Seni Indonesia yang demikian tergolong terjangkau, sehingga masyarakat yang kurang mampu secara eknomi, namun berminat dalam dunia seni tetap dapat mengembangkan minatnya dengan belajar di ISI. Selain itu, Institut Seni Indonesia juga menerima mahasiswa bidik misi yang biaya kuliahnya gratis 100% ditanggung oleh Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Dikti).

Meskipun biaya kuliah ISI Surakarta tergolong murah, namun mahasiswa ISI tetap dapat menikmati fasilitas kampus yang memadai. Dengan adanya media pembelajaran yang lengkap, kurikulum yang mendukung dan Staf pengajar yang ahli dalam bidang kesenian mendorong mahasiswa dapat menuntut ilmu kesenian secara maksimal. Sehingga dapat menghasilkan profil lulusan yang mampu melestarikan kesenian dan kebudayaan Indonesia.

Biaya Kuliah ISI Institut Seni Indonesia Solo

Biaya UKT ISI (Institut Seni Indonesia) Solo

Biaya Kuliah UKT ISI Solo

Pendaftaran Online ISI (Institut Seni Indonesia) Solo

Berkat perkembangan teknologi informasi kini pendaftaran online ISI Solo untuk seleksi mahasiswa baru bisa dilakukan dengan mudah, anda bisa melakukan pendaftaran melalui berbagai perangkat yang bisa terhubung dengan internet. Bagi anda yang ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi secara umum ada 4 jalur seleksi masuk perguruan tinggi yang ada di Indonesia, yaitu SNMPTN, SBMPTN, UM PTKIN dan Seleksi Masuk ISI Surakarta Jalur Mandiri.

Berikut kata kunci yang sering dibutuhkan oleh calon mahasiswa ISI Surakarta : PMB ISI Solo, Pendaftaran ISI Solo Online, Pendaftaran Mahasiswa Baru ISI Solo, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru ISI Solo, Pendaftaran Diploma / Sarjana / Pascasarjana ISI Solo, Pendaftaran Kuliah ISI Surakarta, Jalur SNMPTN, Jalur SBMPTN, Jalur UM ISI Solo.

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)

Pendaftaran online SNMPTN bisa diakses melalui http://snmptn.ac.id/. Pendaftaran SNMPTN biasanya dimulai pada bulan Feabruari – Maret setiap tahunnya. Seleksi melalui SNMPTN ini hanya berdasarkan nilai rapor dari siswa selama menempuh pendidikan di tingkat MA/SMA/SMK .

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)

Pendaftaran online SBMPTN bisa diakses melalui http://sbmptn.ac.id/. Pendaftaran SBMPTN biasanya dimulai pada bulan April – Mei setiap tahunnya. Seleksi melalui SBMPTN berbeda dengan SNMPTN, pada seleksi SBMPTN calon mahasiswa harus mengikuti ujian tulis yang bisa ditentukan sendiri oleh calon mahasiswa yang dengan memilih PBT (Paper Based Test) atau CBT (Computer Based Test).

Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM PTKIN)

Pendafataran online UM PTKIN bisa diakses melalui http://um-ptkin.ac.id/.  Pendafataran UM PTKIN hanya tersedia untuk universitas negeri dibawah naungan Kementerian Agama Republik indonesia. Sehingga hanya calon mahasiswa yang memilih ingin masuk pada jurusan yang bernafaskan Islam saja yang bisa mengikuti seleksi ini.

Seleksi Mandiri Masuk ISI Solo

Seleksi Jalur Mandiri Di ISI Solo secara umum telah ditentukan oleh pihak kampus sendiri, mengenai standar calon mahasiswa yang akan diterima atau ditolak, tentunya juga berbeda dibanding dengan jalur seleksi seperti SNMPTN dan SBMPTN.  Waktu pendaftaran ujian masuk mandiri dari setiap kampus tentu berbeda – beda. Untuk mengakses pendaftaran online seleksi mandiri di ISI Solo anda bisa mengakses laman web http://spmb.isi-ska.ac.id/.

Memang saat ini, masyarakat yang berminat ke ISI mulai jarang. Karena belajar seni dipandang sebelah mata oleh sebagian orang Indonesia. Selain membuka jenjang pendidikan S1, kini Institut Seni Indonesia juga telah membuka untuk Program Pascasarjana (Pps) dan Program Studi Doktoral (S3) semenjak tahun 2010.